Is Helianti’s Weblog

berbagi ilmu, berbagi semangat, berbagi dunia

Mengupdate Ilmu Bioteknologi Modern di Universitas Lund, Swedia (2)

Posted by ishelianti on September 16, 2020

Kota Lund dan Universitas Lund

Lund adalah kota di Swedia yang terletak di Selatan Swedia. Lund secara geografis lebih dekat ke Kopenhagen (Denmark) daripada pusat Swedia (Stockholm).  Ketika menuju Lund, kita akan mendarat di bandara Kopenhagen, Denmark. Lund  adalah kota pelajar karena hampir 50% penduduknya adalah pelajar. Lund memiliki sebuah perguruan tinggi terkenal, Universitas Lund, tempat kami training. Kota ini didirikan sekitar tahun 990.  Jumlah total penduduk Lund sekitar 125.000 jiwa, 15 ribunya adalah orang asing, 110 000 berkewarganegaraan Swedia. Inilah yang membuat Lund tua menjadi selalu segar, modern, dan awet muda, walaupun dia telah berusia lebih dari 10 abad. Pelajar dan  peneliti yang tinggal di Lund itu berasal dari 130 kewarganegaraan, menjadikan Lund sebagai  kota miniatur planet bumi yang benar-benar internasional! Lund adalah kota kontras di mana seribu tahun sejarah berbaur dengan pengetahuan dan gagasan modern. Di Lund, kita akan menemukan pesona kota kecil berbatu batu yang indah, berdampingan dengan atraksi kota besar seperti layanan, perbelanjaan, dan restoran modern.

Universitas Lund sendiri didirikan pada tahun 1666 dan termasuk 100 universitas terbaik dunia. Universitas ini memiliki 40.000 mahasiswa dan 8.160 staf yang berbasis di kota Lund, Helsingborg, dan Malmö. Universitas memiliki pengaruh yang kuat di kota Lund, dan beberapa gedung universitas terletak di jantung kota. Perpaduan kalangan pebisnis, pelajar, dan peneliti dari seluruh dunia telah melahirkan karakter unik Lund sebagai kota industri global berbasis riset yang penuh pesona. Wilayah Malmö, termasuk Lund, adalah wilayah paling inventif ke-4 di dunia. Kawasan penelitian pertama dan tersukses Swedia, Ideon, terletak di Lund, dan dua perusahaan penelitian terbesar di negara itu, Laboratorium MAX IV dan European Spallation Source (ESS) terletak pula di sini.

Populasi muda mempengaruhi semua aspek kehidupan di Lund, mulai dari ritme harian kota, hingga perencanaan kota, hiburan, museum, serta aktivitas budaya dan rekreasi yang tak terhitung jumlahnya. Kombinasi tradisi dan sejarah lama serta kehidupan siswa yang ramai menjadikan Lund tempat yang nyaman untuk tinggal dan belajar. Kami bahagia, karena tak salah pilih tempat training.

Kegiatan kami di laboratorium sehari-hari.
Pusat Kota Lund yang cantik di malam hari. Bus masih beredar di jam 11 malam.

Leave a comment