Is Helianti’s Weblog

berbagi ilmu, berbagi semangat, berbagi dunia

Diskusi Yuk!

Mencari, mengembangkan, dan menekuni penelitian biotek khas Indonesia

Begawan Iptek Indonesia, BJ Habibie pernah mengatakan, bahwa karena kecilnya dukungan dana pemerintah untuk pengembangan Iptek. Maka mau tidak mau penelitian aplikasilah yang harus lebih diutamakan, ketimbang penelitian dasar.

Jika mau penelitian dasar, lakukanlah yang memang khas dan asli Indonesia. Saat ini ditambah pula agar melakukan penelitian dan pengembangan yang sesuai denganprogram prioritas Pemerintah dalam Pengembangan Iptek, yang 5 plus 1 itu.

Sebagai orang yang berkecimpung di dalam biotek, berpendapat sebenarnya di dalam biotek agak susah memilah mana yang dasar dan aplikasi. Karena pada dasarnya, bioteknologi sendiri adalah ilmu aplikasi yang berkembang menjadi “tool” yang mustahil ditinggalkan dalam mempelajari ilmu dasar yang berkaitan dengan biologi.

7 Responses to “Diskusi Yuk!”

  1. ivan balweel said

    yup bener bgt…

    setuju, saat ikut perkuliahan sering sekali dosen ngasih contoh2x aplikasinya, tetapi teori dasar menjadi dasar lahirnya penelitian2x yang aplikasi, terutama ilmu2x yang merupakan interdisipliner..

    ibu’ keren bgt!

  2. ishelianti said

    ok…
    tetap semangat yuuk!

  3. bara api said

    Yooooi dech.

    Se-7 banget tuch. Mengembangkan bioteknologi sudah pasti mengembangkan suatu prinsip dasar dari ilmu-ilmu mendasar mengenai biologi itu sendiri. Dan karena dengan aplikasilah kita dapat memperoleh tiga pelajaran sekaligus, yaitu pengetahuan, pemahaman dan penerapan.

    Bu Is, salam kenal dari bara api yang ga panas-panas. 🙂

  4. Untung Suwahyono said

    Bu Is, kalao menurut saya kok nggak ada pemilahan seperti itu. Menurut saya kata kuncinya, ” apa”, “mengapa”, dan “bagimana”. Sains untuk menjawab apa & mengapa itu mungkin yang dikreteriakan basic sciences, tetapi kalau kita bicara bagimana itu adalah applaide scienses. Pada dasarnya Bioteknologi adalah berangkat dari bagimana kita mengoptimalkan sumber daya untuk memecahkan masalah manusia masa kini dan masa datang. Kira-kira begitu lho saya melihatnya.

  5. Inspire said

    Bu Is, saya mencoba mendalami yg ibu tulis. Ada dua sudut pandang berbeda. Ibu berpandangan “agak susah memilah mana yang dasar dan aplikasi” berikut argumen ibu. Sementara pandangan Habibie adalah suatu kebijakan yang di latar-belakangi ke-ekonomian, waktu dan prioritas sesuai masanya. Nah, saat ini, di masa yang telah berbeda, katanya, dana riset akan ditingkatkan oleh pemerintah, apakah bidang ibu mendapat porsi yang seharusnya? Jika iya, mudah-mudahan ibu bisa melanjutkan penelitian dengan dana pemerintah. Jika tidak, carilah sponsor.

  6. puguh said

    artikelnya bagus bu.Wassalam

  7. Iqbal said

    Assalamu’alaykum wr.wb.

    salam kenal Bu Is, saya termasuk orang yang punya interest yang sangat besar di bidang bioteknologi. namun sekarang saya lebih banyak berkecimpung di bidang pendidikan. membaca tulisan Bu Is semangat saya jadi muncul kembali. mudah-mudaha bisa jadi teman berdiskusi..dan tukar ide.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: