Is Helianti’s Weblog

berbagi ilmu, berbagi semangat, berbagi dunia

Ketika tulisan saya dibajak….

Posted by ishelianti on October 21, 2009

Ketika menulis artikel di media maya, saya sudah mengetahui resikonya. Bahwa orang yang tidak beretika akan seenaknya copy paste tulisan saya dan diakuinya sebagai miliknya sendiri. Tapi sedih juga, ketika dengan mata kepala sendiri membaca langsung tulisan saya diatas namakan orang lain. Beberapa tulisan yang dibajak adalah artikel tentang pengamatan saya terhadap perilaku dan budaya masyarakat Jepang, seperti : “Memasyarakatkan Iptek belajar dari Jepang”, “Melongok Budaya Baca Tulis Masyarakat Jepang” yang saya tulis ketika saya masih tinggal untuk studi di sana.

Saya dan beberapa teman-teman sekota di wilayah Hokuriku pernah mengelola Majalah Muslimah On Line yang judulnya “Hokuriku MuslimahOn Line”.  Sekarang sudah tidak terbitlagi karena kami sudah kembali ke tanah air. Banyak artikel dari majalah on line ini yang dikopi paste ke milis-milis tanpa menyebut yang membuat. Parahnya, juga ada yang mengklaim dia yang membuat sementara initial penulis yang biasanya saya singkat di paling akhir artikel bersamaan dengan nomer misalnya (is01) masih tercantum di artikel. Lalu ada juga yang mengirimnya ke surat kabar tanpa malu-malu!

Mungkin saya harus maklum. Bangsa ini memang masih kurang menghargai hak cipta seseorang. Padahal hak cipta bersifat deklaratif, artinya dia melekat pada sang pembuat saat hasil karya itu dipublikasikan oleh sang pembuat. Saya tidak mengambil keuntungan apapun dari tulisan saya di dunia maya, saya juga tidak keberatan ketika tulisan itu disebar tanpa seijin saya, asalkan nama saya dicantumkan sebagai penulis. Ini adalah kesepakatan moral yang universal. Jadi jelas saya tersinggung ketika ada orang yang dengan tanpa malu hati mengakui 100% hasil kreativitas dan analisa saya sebagai tulisannya.

Lewat blog ini saya katakan, bahwa silakan 100% mengkopipaste tulisan saya. Namun bersikap sportiflah, bahwa cuma itulah yang anda lakukan dengan menyebut bahwa saya penulisnya, bukan dengan menghapus nama saya lalu menggantinya dengan nama anda…

Leave a Reply

 
